mungkin gue blogger paling buruk. Kalo dihitung kasat mata, artinya gue udah ga ngeblog setaun dong… secara gue bulan desember taun 2010 sama sekali ga ngeblog.. eh, jangan-jangan malah sejak september lagi ?? auk ah, gue ga liat catatan blog sebelumnya.

Beberapa hari lalu, nyokap gue tiba-tiba mau jilbaban. Kalo iya, artinya beliau orang kedua setelah gue dirumah yg make. Kadang gue ngerasa, high expectasi dari penampilan seperti ini terhadap pengetahuan agama yg gede, bikin ragu2 dan jadi alasan paling kuat dari sebagian besar perempuan yg ingin berjilbab ( ini subyektifitas gue loh). soalnya temen-temen gue pada gitu alasannya. Gue juga sempat ga mau make, padahal yg ngajak dan nyuruh gue bukan cuma temen-temen muslim loh, tapi juga temen-temen non-muslin gue. Mungkin karena dari semua temen muslimah seangkatan gue SMA cuma gue yg blom jilbaban.

Tuhan ada dimana-mana itu kan judul sinetron yah ? atau lirik lagu ? auk juga deh, gue ga tau juga. Gue jarang merhatiin judul sesuatu. Gue malah dapat gregetnya banget di pesbuk. Ga banget lah ya , mestinya dapetnya di mesjid, pas baca Quran atau ajakan temen-temen rohis gue sejak SMP sampe kuliah dong.

ada tuh kenalan gue yg langsung bilang “astafirullah”pas tau ternyata gue masih nyari2 Tuhan dimasa-masa sekolah dasar dulu, masih milih-milih. Pendapat sebagian orang atau gambaran difilm-film tuh, kalo udah nemu Tuhan gue ternyata yg ini loh, langsung make segala hal yg mencerminkan identitasnya ( terutama Islam lah ya, kan ga semua orang milih Katolik pengennya jadi pastor atau biarawati, atau orang milih Budha langsung jadi Biksu atau biksuni).  Gue ga gitu. Mungkin sebagian orang juga kayak gue. Gue pernah denger salah satu model Indonesia yg jadi muallaf ga langsung tutupan, atau yg milih keluar dari Islam ga langsung gitu aja ninggalin ajaran-ajaran lamanya. Itu butuh proses, dan butuh orang lain yg pastinya lebih ngerti buat nolongin.

Gue masih terngiang-ngiang gimana pendapat seseorang di organisasi keagamaan soal ‘kerabat’ seimannya yg sedang ‘tersesat’. Yg rohis aja yah, soalnya gue juga pernah disitu. Gue ngerti kenapa gue masuk Rohis diletakin di sie perpustakaan atau justru di sie dakwah, padahal gue sendiri ga kudungan. Pengennya sih gue jadi make, biar dakwahnya ga muna’. Masa gue ngedakwahin separo-separo. Waktu itu gue tolak, mungkin baeknya gue di sie kebersihan aja deh biar ga berat tanggung gugat gue. waktu itu ada temen gue yg oleh beberapa orang imejnya emang agak miring, waktu gue ga kenal-kenal amat sama dia ya juga gitu, tapi kan yah ga adil kita nilai org ngikut aja sama pendapat org yg mungkin juga ga kenal sama sekali sama dia.

Intinya, temen cewek gue ini pengen belejar dikit-dikit soal agama. Mungkin bedanya sama gue, gue suka ga ngeh lagi disindir, sedangkan dia tajam banget nerimanya. Nah, si temen rohis gue ini bilang ga boleh masuk rohis kalo ga putus dulu sama pacarnya. Emang sih, ga ada ajaran pacaran dan gue bukan nentang soal pacarannya ( sekalipun mestinya mesti gitu sih ), gue sebel sama pernyataan dia dilarang ikut rohis. dia kan mau belajar, kenapa dilarang ? Dia nyari lingkungan yg baik, lingkungan yg orang-orangnya bisa ngajarin dia, sama kayak gue, kenapa dihalang-halangin ? gue ga ngerti.

Gue solatnya bolong-bolongnya parah banget dulu, sekarang berkurang, seenggaknya 4 dari 5 gue lakuin, atau 55nya gue kerjain tapi salah satu atau duanya suka telat. Tapi yah, gue masih menganggap itu peningkatan sekalipun mestinya sih 5 waktu dan tepat waktu. Itu yang ngingetin juga temen-temen gue yg suka didiskusiin di rohis soal kelakuannya, tapi toh yg ngajakin n ngingetin gue solat nyata-nyatanya mereka bukan temen-temen rohis gue.

Mungkin mereka pikir gue ataupun temen gue itu atau nyokap gue udah ngerti, udah cukup berakal buat sadar apa yg mesti dilakuin apa yg mesti dipelajarin. Mana ajaran yg sesat, mana yg enggak. Seharusnya gue ngetawain aja org yg ternyata keliatan so ekslusif itu punya catatan gelap yg ga sengaja gue tau, tapi ternyata gue malah sedih. Kalo mereka yg punya lingkungan baik, ajaran baik ga kuat buat ngelawan tantangan jaman, gimana kita yg dibiarin ?

Gue pernha ngebaca blog orang lain soal idenya buat para ulama. Mestinya umat itu disamperin, bukan nunggu nyamperin. Mungkin gue masih beruntung, tapi gimana orang lain yg ternyata diam-diam dalam hatinya teriak : “tolong gue !” ??

nyokap gue dulunya ragu2 karena tuntutan udah tau ini itu sebelum kudungan, sama kayak gue

dan sama kayak gue, beliau juga mutusin make karena mungkin aja pengetahuan2 itu justru datang setelah make

tapi, jelas beliau hidayahnya lebih indah

dalam mimpi, beliau ketemu seorang laki-laki yg kaya nyokap kayak ustadz. Make sorban, baju putih dan menunggunya di puncak bukit, waktu nyokap lagi ngedaki bukit itu. Orang itu bilang ke nyokap >> ” Kalau kamu benar-benar ingin menjadi pengikutku, berpenampilanlah seperti umatku yg lain”.

Gue sih ngerasa yg nyokap temuin itu Rasul, soalnya dia bilang “umatku”. Tapi, nyokap sendiri ga peduli, siapa yg ditemuinya. Nyokap cuma gemetar dan berkeringat dingin juga terpesona waktu ketemu orang itu. Sekalipun katanya cuma nyoba aja dengan jilbab seadanya dirumah, toh, akhirnya beliau make juga.

Gue, temen gue dan nyokap gue cuma manusia biasa sama seperti kamu

kadang iman bisa naik, kadang bisa turun. Tolong jangan menganggap kamu ada diatas kami.

Iklan