Archive for Agustus, 2010


Gue rasa beberapa hari ini gue makin banyak mikir. Makin banyak mengevaluasi masa lalu gue. Gue muter kejadian-kejadian dalam 5 tahun kebelakang, tentang mula-mula gue kuliah. Rasanya berlalu sangat cepat. Mungkin karena gue dalam proses penyusunan cerita pribadi yah, makanya replay memori gue bermunculan dengan deras. Inspirasi mengalir deras dalam kepala gue.

Gue mundur lagi ke masa-masa 8 tahun kebelakang, masa-masa gue bertemu dengan cadet sixers, stbk on 7 dan pastinya temen-temen alien Neptunus gue.

Gue berjalan lebih jauh lagi ke masa-masa SMP gue. Saat-saat bandel dengan teman-teman kelas B dan geng ‘doank’.

Membongkar ingatan SD gue yg sebenernya sebagiannya ingin gue lupakan, sampe kejadian dalam cadet sixers membongkarnya kembali beberapa tahun lalu.

Tentang persahabatan pertama gue di sekolah waktu gue TK.

Tentang Debby, adek gue.

Ternyata dalam putaran memori yg serba cepat itu, gue punya ingatan yg padat. Sebagian diantaranya masih mampu gue ingat dengan sangat baik. Mulai dari dengan siapa gue mengalaminya, kapan, dialognya dan bagaimana proses kejadiannya.

Dulu, gue pernah nulis tentang “Yesterday Syndrome” dalam blog ini.

Mungkin tulisan kali ini sebuah pengembangan. Ada sebuah pengakuan yg bolak-balik gue timbang-timbang buat gue tulis. Sebagian gue anggap sebagai contoh kalo gue is one of the survival of the fittest, sebagian lagi gue anggap gue sebagai contoh the wheel down ( roda yg berputar dibawah).

waktu gue mulai ngetik kata-kata awal di tulisan ini, gue sudah sangat yakin buat nulisin cerita itu, ga tau sekarang gue mulai ragu dan berpikir ulang.

Buat sebagian pembacanya bisa jadi media instropeksi diri, bisa jadi media buat berterima kasih pada Tuhan. Buat sebagian lain mungkin bisa jadi bahan cercaan atau malah tertawaan buat gue, tapi bukan itu masalahnya kenapa gue berpikir panjang buat nulis pengakuan itu, my confession >>> gue melibatkan banyak orang dalam pengakuan gue itu. Termasuk beberapa orang yg sudah di alam barzah….

Gue pikirin lagi deh buat nulis bagian itu.

Iklan

antara gue, usagi dan katy perry

Okey, apa coba hubungan antar karakter beda dunia ini ? yg satu hidup di dunia nyata sebagai adinne ordinary alias orang biasa-biasa aja, yg satu tokoh kartun kagak jelas sifatnya, yg satunya penyanyi yg lagi naik daun.

kagak ada sih sebenernya…

hanya saja beberapa hari ini saia dihadapkan pada kenyataan yg ga biasa. Gue dikatain mirip sama mereka.

Whuuuaaatttzzz ?? mata siapa tuh yg katarak ngeliatin gue mpe segitunya ?

yupz,,,

terus terangnya sih, dimulai sejak gue masih SD

gue doyan coret-coret di kertas

umumnya ngegambar pesenan temen2 gue yg galentur mainin pensil

yahh… ngegambarin semacam dragon ballz, sailormoon, wedding peach, power ranger… gitu2lah…

tergantung maunya apa.

Nah, gue pribadi sukanya ngegambar usagi tsukino alian si sailormoon

dulu berat gue cuma 37 kg, dan gue udah pernah keseret payung gue dikala hujan saking kurusnya

waktu nggambar, bokap komen gini : Iiiih, pinter bener nggambarnya… sampe mirip sama yg gambar… muka mata semua!

(ngeselin ga tuh ?!)

****

waktu kuliah

gue dipanggil hinata (hinata hyuuga, tokoh di naruto itu) sejak semester 4

yg bikin gue dipanggil kayak gitu itu si junior (sebut aja gitu)

katanya sih sifat sama potongan rambut gue mirip (ga tuh rasanya!)

lama-lama gue berjuang supaya gue kagak mirip sama hinata lagi

(yg kadang2 saking kerasnya gue berusaha gue nyesel juga… nyesel napa din ?  biar gue dan junior yg tau T.T)

***

nah, giliran kerja niiih…

rekan gue doyan amat ngeliatin tampang gue

trus bilang gene : din, muka lo kayak bukan muka manusia, muka kartun… kayakk…. ng… usagi !

lalu gue cerita yak sama adek gue, katanya : muka sih kagak, oon-nya yang iya !

( sedihnyaaaa)

****

ada lagi yg bilang ke gue, kalo ngedengrin katy perry nyanyi, ngeliatin tampang katy perry hanya tampang gue yg berseliweran dikepalanya….

gue katanya mirip katy perry auk dimananya….( bukan mpok nori yah, katy perry !)

ini penyataan yg sangat langka,,,

apa centilnya yak ? ato suaranya ? mukanya sih mirippp…( wuidiiih, gue langsung melayang ! wkwkwkwk)

****

Hh… mari kita sudahi kenarsisan ini sebelum gue dikutuk mernjadi bunga narciscuss seperti putra sang dewa itu…

Love May Kill

Pfiuuh… pertama2 saia bersyukur disempatkan menulis blog hari ini.

Love May Kill = Cinta Dapat Membunuh. D’Masiv punya lagu judulnya Cinta Ini Membunuhku.

Hohoho… tulisan saia ga ada hubungannya dengan itu semua. Karena lihat aja di kolom kategori, tulisan ini masuk ketegori resensi. Artinya, saia membahas suatu karya manusia disini.

Resensi kali ini saia akan membahas SALT. Film terbaru yg dibintangi oleh salah satu perempuan (yg dianggap) berpengaruh di dunia ini menceritakan tentang kehidupan seorang agen wanita. Sebuah order yg sudah diterimanya dari negara asalnya sejak dia masih bocah.

Bayangkan, dari bocah !

Okey, ide tentang mengembangkan sosok agen atau teroris untuk tujuan tertentu sejak masih bocah bukan pertama kali muncul. salah satu film yg gue ingat itu DEPARTED, yg diaminin sama aktor favorite gue >>> Leonardo Dicaprio dan Matt Damon. Kali ini fokus pada cerita Salt yah !

Evelyn Salt (Angelina Jolie) adalah seorang agen CIA berdarah Rusia yg bekerja untuk Amerika Serikat. Dia dianggap agen yg paling jago dalam urusan lie detector >>> intrograsi. Suatu hari, seorang penyelundup Rusia muncul dikantornya tepat diwaktu ia akan pulang ke rumah untuk merayakan hari ultah pernikahannya.

Marry is not an option for an agent. You may put your beloved ones in danger.

Who knows kalo permintaan sahabatnya>>Ted untuk mengotrogasi sebelum Salt pulang kerumah justru meletakannya dalam situasi tidak nyaman.

Beberapa waktu sebelumnya, Salt sebagai CIA dikirim ke Korea untuk memata-matai pengembangan nuklir, dan ketahuan. Ia berhasil lolos karena suaminya yg bekerja sebagai ahli laba-laba adalah peneliti yg berharga dan memiliki perlakuan khusu pemerintahan Korea. Salt memang awalnya diperintahkan mendekati pria itu demi kemulusan misi ini. Saat mengetahui ia tidak cukup sigap dalam menyamar dan pasrah untuk mati di tiang gantungan atas tugasnya sebagai CIA (bukan sebagai mata-mata Rusia), suaminya membelanya habis-habisan di hadapan pemerintah Amerika. Jika pun pemerintah Amerika tidak mampu mengambil jalur diplomasi untuk membebeaskan istrinya, maka ia akan turun tangan sendiri ke Korea tanpa peduli apapun.

Disinilah mulainya konflik dalam diri Salt. Kompetensinya sebagai mata-mata terlatih Rusia gugur karena terharunya ia akan sikap cinta yg sederhana dari suaminya itu.

Tugas Salt adalah membunuh  presiden Rusia saat pemakaman wakil presiden Amerika. Ia diwajibkan membunuh dengan statusnya sebagai agen Amerika, hal ini dimaksudkan untuk mengadu domba kedua negara dan menciptakan perang besar. Rusia berniat menghancurkan Amerika. (mungkin sebagai balasan hancurnya Uni Sovyet—ini komen tambahan gue).

Saat mengetahui suaminya menghilang, sementara ia menjadi buronan departemennya sendiri>> CIA bahkan buronan Amerika, Salat berpikir dan bertindak cepat.

Ia tidak membunuh presiden Rusia, hanya membuat semua orang menyangkanya seperti itu (bagaimana caranya ? tonton aja ya…)

Saat kembali ke markasnya sebagai mata-mata Rusia, ditemukan fakta bahwa pemimpin agen Rusia yg mengirim Salt sejak kecil ternyata ayah kandung Salt sendiri. Salt membunuh ayahnya sendiri beserta 13 orang rekan nya sesama mata-mata karena suaminya dibunuh didepan matanya di markas tersebut. Semuanya dilakukan dengan tenang dan tanpa cacat.

( sidik jari yg nempel ga saia kategoriin sebagai kecacatan, mungkin justru rencana)

Bagian belakang cerita ga seru kalo gue ceritain, tapi semua cabang kemungkinan yg ada di otak gue udah menduga separuh skenario bagian akhir film. Menurut gue sih, film ini bakal punya sekuel. Liat aja ntar. Sembari menunggu Harry Potter yg udah gue nanti2 sejak awal 2010. Selamat menikmati filmnya !

curcol hari ini

hari ini ujian. Lulus dan langsung masuk ke tahap selanjutnya. Nekat aja gue masuk kamar dokter mana aja yg kejangkau mata dan tangan gue hari ini. Begitu masuk, gue kagak kenalan sama dokternya, langsung adaptasi dengan kebiasaan disitu dalam dua putaran. Nekat langsung ngerjain yg bisa gue kerjain, padahal baru hari pertama dan udah dibilang ga dipaksa buat bisa hari itu juga. Tapi, masalahnya kurang dalam satu bulan ke depan, gue mesti lepas kandang sendiri di tempat baru tanpa satu pembinapun. Artinya, gue harus serba bisa.

Nah, sekarang bukan itu yg mo gue bahas. Ini soal gambaran USG yg gue liat hari ini.

Biasanya yah, yg gue temenin itu emak2 dari kalangan masyarakat awam. Kagak ade orang medisnye. Nah, kali ini ada karyawan di RS itu sendiri. Ga tau kenapa gue jadi ngeh sendiri ngeliat tampang super sumringahnya waktu liat gambaran USG.

Ne calon emak2 emang rada lebay deh. Eh, gue bukan komen ga enak yah….

secara dia orang kesehatan juga, ditanya HPHTnya kapan ? 15 juli, artinya dia baru positif hamil 3 hari kan ? 18 Agustus neh… dia sampe test pack 3x sebelom ke situ. Langsung ngajuin periksa ini dan itu. Kita semua senyum2, seneng banget kayaknya mbak itu tau dia hamil. Gue langsung mikir, gue ntar gitu juga ga yah ??

*****

gue inget banget, waktu kelas English yg diajar sama Mr. Eddy, gue ditanya apa motto gue, apa mimpi gue.

Gue jawab, gue hidup ga maksa jd yg terbaik juga ga mau sebagai orang yg kalah. Gue berusaha yg terbaik yg gue bisa, tp ga ngoyo. And my biggest master dream is being a mother.

Gue ngerasa suasana sekitar gue mendadak indah waktu gue nyebutin itu.

Ga salah kan yah ? gue perempuan biasa, dari keluarga yg biasa-biasa aja. Tumbuh di lingkungan biasa dan teman-teman yg biasa. Gue rasa semua perempuan menginginkan itu.

Gue pernah ngebaca biografinya Marylin Monroe, kenapa dia segetol itu sama laki2 >>. usut2 ternyata dia hanya ingin hamil, tapi sampai maut merenggutnya, dia tidak pernah punya kesempatan menjadi ibu yg sudah dengan putus asanya dia inginkan. Dia ga lengkap sebagai perempuan sampai bertemu kematiannya.

Bukannya kesempurnaan perempuan itu adalah ketika ia menajdi anak, menjadi istri dan menjadi ibu ?

pfiuuh… curcol kagak jelas. Padahal sebenrnya gue pengen nulis resensi…

besok aja deh…

auk neh, padahal udah usaha tetep ngeblog sesibuk apapun… tapi sambil puasa gene kayaknya berat deh…. T.T

Curcol Friday 13th

hari ini ikut diklat dari dokter G.Pertama kali ketemu beliau ini waktu gue di ruang KBBL,lalu ketemu lagi waktu di IGD.Emang dah keliatan kalo orang ini gokil dari sononya. Maksudnya gokilalami yg kagak dibuat2. Gimana kagak,kalo bahasa indon aja masih separo2, alhasil tadi kita diklat combutio dengan diselingi saling menterjemahkan bahasa indon, bahasa jawa buat dijelaskan ke sesama karyawan dengan perbedaan etnis yg banyak.

Dipikir2,gue beruntung tumbuh di lingkungan berbagai etnis. Ada Jawa,batak, melayu, dayak, sunda, tionghoa, madura,padang,palembang, ambon, dan secuil bule (bukan istrinya pakle’yo….)

seneng,bisa ngerti maksud beberapa orang sekaligus. Sayang,kadang2 koneksi gue rada ngadat kalolagi ngobrol.

****

beberapa hari lalu, gue ngetes reaksi beberapa orang yg (gue anggap) deket dengan gue. Gue ngetes soal pernyataan ‘kebosanan’ gue dengan lingkungan kerja gue sekarang. Emang sih,benar gue rada bosen,tapi ga segitu2nya….

” buset dah, baru bentar lo udah bosen din ? lo mestinya bersyukur din…gue aja nyari kerja sampe mesti balik ke padang…”

” Hh…. gue aja satupun belom dipanggil,lo udah mo resign. Lo sih enak, hampir semua dipanggil. Tapi,emang lo orang nya bosenan sih, mesti dirangsang terus….” Haaa ?? rangsang ?? Eitsz…. lagi puasa !! jangan viktor deh lo =p

” Sabar din… yg penting gajinya gede,,,,”

” Tahan dulu din, dicoba dulu. Masa lo kalah sebelom berperang ??”

okeyy… dari semua orang, gue paling kaget sama reaksi emak gue

” Bosan ?? Alhamdulilaaah Naaaakk….. Akhirnya kamu bosen juga hidup di Jakarta… Kapan kamu pulang Nak ?? Jangan jauh-jauh dulu, kecuali nanti suami kamu emang ngebawa kamu tinggal jauh dari Ibu…”

busyet dah , beda amat dari yg udah-udah ??

bokap juga gitu,sekalipun ga se-emak gue responnya,gue bisa ngerasain beliau senyum2 diujung telpon (koktau ? sotoy lo ! Ya iyalah,bokap, bokap gue…udah 22 taon ini kenalannya….)

****

sebenernya, tiap gue pengen quit,gue teringat kejadian sekitar 10 tahun yang lalu

waktu gue ditunjuk buat kesekian kalinya untukjadi ketua kelas. Gue yg suka nyari aman trus malas jadi pemimpin dalam kelompok milih ogah aja. Butuh bantuan,sokh atuh,,,gue bantuin… tapi jadi leader? waduh… mikir2 deh…

waktu itu, kelas gue dominan cowok (emang sejak kelas I guenya udah ‘apes’ sekelas molo sama mereka)

sekalipun mereka udah ngemastiin bakal ngebulatin suara buat gue, mereka tetep ga (bisa) maksa gue kalo emang gue ga mau. Wali kelas gue udah ngebujuk.

” Ga ah,pak. Saia rohis aja cukup deh…”

tiba-tiba dari bangku belakang gue,

” pak,ijin kebelakang !!” si obet tuh.

waktu ngelewatin meja gue,dari sisi kanan  gue dia ngebisikin gini :

” PE-NGE-CUT !! “Maksudnya,gue pengecut ga berani ngambil posisi ketua yg udah ditawarin…

gue langsung gimanaaa gitu, otomatis aja tangan gue keangkat trus nyatain setuju jadi calon

sebenernya ga perlu voting, udah ketauan hasilnya apa.

Nah,kemaren itu kayaknya gue terngiang-ngiang bagian PE-NGE-CUT yg diucapin Obet tepat ditelinga gue

anak itu emang kompor kalo urusan ‘kebaikan’ teman-temannya deh

Hmm…. gue mabil segi positifnya deh… ^^

Doa perempuan lebih makbul daripada lelaki kerana sifat penyayang yang lebih kuat daripada lelaki.

Ketika ditanya kepada Rasulullah akan hal tersebut, jawab baginda, “Ibu lebih penyayang daripada bapa dan doa orang yang penyayang tidak akan sia-sia”.

Apabila seseorang perempuan mengandung janin dalam rahimnya, maka beristighfarlah para malaikat untuknya. Allah mencatatkan baginya setiap hari dengan 1,000 kebajikan dan menghapuskan darinya 1,000 kejahatan.

Apabila seseorang perempuan mulai sakit hendak bersalin, maka Allah mencatatkan baginya pahala orang yang berjihad pada jalan Allah.

Apabila seseorang perempuan melahirkan anak, keluarlah dia dari dosa-dosa seperti keadaan ibunya melahirkannya. Apabila telah lahir anak lalu disusui, maka bagi ibu itu setiap satu tegukan daripada susunya diberi satu kebajikan.

Apabila semalaman ibu tidak tidur dan memelihara anaknya yang sakit, maka Allah memberinya pahala seperti memerdekakan 70 hamba dengan ikhlas untuk membela agama Allah.

Barangsiapa yang menggembirakan anak perempuannya, darjatnya seumpama orang yang sentiasa menangis kerana takutkan Allah dan orang yang takutkan Allah, akan diharamkan api neraka ke atas tubuhnya.

Barangsiapa membawa hadiah, (barang makanan dari pasar ke rumah) lalu diberikan kepada keluarganya, maka pahalanya seperti bersedekah.

Hendaklah mendahulukan anak perempuan daripada anak lelaki. Maka, barangsiapa yang menyukakan anak perempuan seolah-olah dia memerdekakan anak Nabi Ismail.

Tiap perempuan yang menolong suaminya dalam urusan agama, maka Allah memasukkan dia ke dalam syurga lebih dahulu daripada suaminya (10,000 tahun).

Perempuan apabila sembahyang lima waktu, puasa bulan Ramadhan, memelihara kehormatannya serta taat akan suaminya, masuklah dia dari pintu syurga mana sahaja yang dikehendaki.

Wanita yang solehah (baik) itu lebih baik daripada 1,000 lelaki yang soleh.

Aisyah berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah, siapakah yang lebih besar haknya terhadap wanita? Jawab Rasulullah, “Suaminya. “Siapa pula berhak terhadap lelaki?” Jawab Rasulullah, “Ibunya”.

Apabila memanggil akan engkau dua orang ibubapamu, maka jawablah panggilan ibumu dahulu. Wanita yang taat akan suaminya, semua ikan-ikan di laut, burung diudara, malaikat di langit, matahari dan bulan semua beristighfar baginya selama mana dia taat kepada suaminya serta menjaga sembahyang dan puasanya.

Wanita yang taat berkhidmat kepada suaminya akan tertutup pintu-pintu neraka dan terbuka pintu-pintu syurga. Masuklah dari mana-mana pintu yang dia kehendaki dengan tidak dihisab.

Syurga itu di bawah tapak kaki ibu.

Wanita yang tinggal bersama anak-anaknya akan tinggal bersama aku (Nabi s.a.w) di dalam syurga.

Barangsiapa mempunyai tiga anak perempuan atau tiga saudara perempuan atau dua anak perempuan atau dua saudara perempuan lalu dia bersikap ihsan dalam pergaulan dengan mereka dan mendidik mereka dengan penuh rasa takwa serta bertanggungjawab, maka baginya syurga.

Daripada Aisyah r.a. Barangsiapa yang diuji dengan sesuatu daripada anak-anak perempuannya, lalu dia berbuat baik kepada mereka, maka mereka akan menjadi penghalang baginya daripada api neraka.

Jadi, janganlah sesekali kita merasa lemah. Wanitalah sebenarnya yang membuat seseorang lelaki itu kuat. Dia pula yang puya kekuatan menjerumuskan lelaku.Itulah salah satu sebab mengapa Nabi meletakkan wanita setaraf pada lelaki dan tidak lebih rendah. Buat renungan kita semua. Semoga aku dan kamu sama-sama menjadi perempuan yg dirahmati Allah.

Wassalam.

Ternyata saat kita merasakan lapar, hal ini tidak hanya menunjukkan bahwa kita butuh makan. Rasa lapar juga bisa mengindikasikan kepribadian seseorang.

Merindukan makanan asin
Status gizi : Jika kita hanya ingin menikmati makanan-makanan yang asin, ini adalah pertanda tubuh kita kekurangan mineral. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan, perempuan yang mengonsumsi makanan dengan kadar kalsium yang kurang umumnya selalu mencari makanan dengan rasa lebih asin.

Alasannya, sodium secara perlahan dapat meningkatkan kadar kalsium dalam darah. Itu mengapa kemudian tubuh “berbicara” pada otak untuk memerintahkan kita mencari makanan-makanan asin.

Kepribadian Anda : santai, tidak terlalu memaksakan diri, yang penting adalah melakukan yang terbaik dan mengikuti ke mana jalan hidup membawa. Sebab, pencinta rasa asin meyakini apa yang terjadi pada dirinya juga melibatkan faktor eksternal, bukan semata-mata karena usahanya sendiri.

Menginginkan makan cokelat
Status gizi : Rasa cokelat digemari karena kemampuannya untuk membuat kita tenang. Khasiat ini dimiliki cokelat karena makanan ini memang menstimulasi otak untuk mengeluarkan serotonin. Saat kita mencari-cari cokelat, ini adalah cara tubuh memberitahu bahwa kita membutuhkan antidepresan untuk membuat kita kembali tenang menghadapi apa pun juga.

Kepribadian Anda : Pembacaan karakternya akan tergantung pada jenis cokelat yang kita inginkan.
Jika yang kita cari adalah dark chocolate maka karakter kita, seseorang dengan kepribadian menyenangkan. Dapat diajak bersenang-senang, tapi juga sangat tepat untuk memimpin satu proyek besar.
Sedangkan bagi kita yang menginginkan milk chocolate, Pendiam dan lebih suka menyendiri.

Menginginkan makanan manis

Status gizi : Hampir sama ketika kita menginginkan cokelat, tubuh kita membutuhkan “pemantik” mood. Atau bisa juga tubuh kita kekurangan energi maka meminta kita untuk kembali mengisi bahan bakar dari makanan manis.

Kepribadian Anda : “Pencinta makanan manis adalah orang-orang yang senang hura-hura. Tidak hanya itu, mereka juga senang menonjolkan diri sendiri dan merasa paling spesial.

Rindu makanan dengan kombinasi rasa manis dan asin
Status gizi : Ini adalah cara tubuh memberitahu bahwa tubuh kita kekurangan sodium dan glukosa. Kekurangan dua nutrisi ini adalah indikasi awal bahwa fungsi tubuh tidak bekerja secara maksimal. Alhasil, sel-sel tubuh tidak gesit dan kita pun menjadi mudah lelah. Maka sangat masuk akal kita ingin cokelat yang ditaburi keju untuk kembali prima.

Kepribadian Anda : Orang yang suka mencelupkan keripik kentang ke dalam cokelat biasanya adalah orang-orang kreatif, tapi sangat individual. kadang malah sangat mencintai kesendiriannya.

Bagaimana dengan Anda…??  ;)

(reference >>> http://panggih15.wordpress.com/2010/03/19/nafsu-makan-yang-menunjukkan-kepribadian-kita)

Nez & Sherina

setelah gue pikir-pikir lagi…

gue udah melakukan generalisasi (lagi) dalam tulisan ini awalnya

jadi, gue putusin buat menghapus tulisan itu.

Buat temen-temen yg udah ngebaca (apalagi ngerespon), semoga ga mempengaruhi pandangan kalian terhadap tokoh2 yg gue tulis kemaren….

everything happen for reasons… they should’ve reason too…

(sedang bijak neh ^^)

***

sebagai perempuan, mereka berhak untuk menangis tapi tidak berhak untuk menyerah

Another tips about Job

Inilah cara Trik Sukses Melamar Pekerjaan, cara agar diterima bekerja, tips melamar kerja agar diterima, bagaimana cara melamar kerjaan yang baik? tips wawancara kerja.

Agar bisa diperhitungkan di tempat Anda melamar pekerjaan, Anda harus bisa memberikan sesuatu yang lebih. Tak hanya daftar riwayat hidup yang mengagumkan, tetapi juga harus bisa memberikan impresi yang positif saat wawancara kerja. Berikut adalah pesan tersirat yang bisa Anda sampaikan bahkan sebelum wawancara kerja, untuk menciptakan kesan bahwa Anda adalah calon karyawan yang patut dipekerjakan.

1. “Saya profesional”
Para pelamar kerja yang mengikuti proses aplikasi secara serius akan ditangani secara serupa oleh si pemberi kerja. Semisal, bacalah kembali materi surat lamaran Anda untuk kesalahan ketik atau kesalahan penulisan. Tak ada salahnya jika Anda minta tolong orang yang Anda percaya untuk membaca ulang surat lamaran dan CV Anda, sebagai tindakan pencegahan jika terjadi kesalahan penulisan. Juga, berhati-hatilah dengan penggunaan bahasa. Hindari penggunaan kata-kata informal, atau bahasa asing bila hal tersebut tak terlalu penting.

2. “Saya orang yang harus mencapai target”
Departemen HRD selalu dibanjiri lamaran pekerjaan dari sana-sini. Bisa jadi lamaran pekerjaan Anda hanya dilihat sekilas. Untuk menghadapi masalah tersebut, sebaiknya Anda mencoba ambil inisiatif. Semisal, jika Anda mengirimkan lamaran pekerjaan tanpa ada iklan atau apa pun, cantumkan kalimat penutup, seperti, “Saya menunggu tanggapan dari Bapak/Ibu.” Atau, untuk lebih proaktif, cantumkan, “Jika tidak mengganggu, saya akan menghubungi Bapak/Ibu pada hari Selasa, pukul 15.00, untuk mendiskusikan kemungkinan saya di posisi yang saya lamar.”
Anda juga bisa mencoba untuk menghubungi si manager personalia perihal lamaran Anda. Namun, jangan lakukan hal ini jika di media yang mengiklankan lowongan tersebut tercantum bahwa Anda tak diperbolehkan menghubungi mereka. Dengan menghubungi tempat kerja tersebut dalam jangka waktu 2 minggu pengiriman, Anda bisa memastikan apakah sebaiknya Anda menunggu atau mencoba yang lain.

3. “Saya adalah ahlinya”
Perusahaan di mana pun pastinya akan lebih senang jika mereka bisa mempekerjakan seseorang yang memiliki keahlian tinggi. Anda bisa juga mencantumkan berbagai keahlian dan sertifikat yang Anda miliki, dan berkaitan dengan pekerjaan yang Anda incar tadi. Jangan lupa, jika Anda juga tergabung dengan asosiasi tertentu, cantumkanlah. Hal ini bisa membuat Anda bernilai tambah karena memiliki koneksi ke institusi tersebut, jika sewaktu-waktu diperlukan.

4. “Saya bisa mengurangi pengeluaran”
Di masa ekonomi seperti sekarang ini, banyak perusahaan yang mencari ragam cara untuk mengurangi pengeluaran. Jika Anda pernah memiliki kesuksesan memotong pengeluaran di perusahaan sebelumnya, terangkanlah cara Anda melakukannya di CV. Misalkan, ketika Anda melamar pekerjaan sebagai asisten administrasi. Anda bisa mencantumkan bahwa di perusahaan sebelumnya Anda pernah menegosiasikan ulang kontrak dengan pemasok alat-alat kantor, yang berakibat pada penghematan kantor tanpa perlu mengurangi kualitas dan kuantitas.

5. “Saya mampu memberikan apa yang dibutuhkan perusahaan”
Untuk menunjukkan bahwa Anda adalah karyawan terbaik, pastikan bahwa lamaran Anda ditargetkan untuk posisi yang spesifik. Gunakan kata-kata yang sekiranya tepat untuk posisi yang dilamar. Buat kata-kata seakurat mungkin yang mendeskripsikan pengalaman dan kualifikasi Anda. Kebanyakan perusahaan menggunakan program peranti lunak yang memindai kata-kata spesifik untuk kata-kata yang tepat dan spesifik yang berhubungan dengan posisi tertentu. Jadi, meskipun Anda cukup qualified untuk posisi tertentu, namun jika tidak menggunakan terminologi yang dicari, maka lamaran pekerjaan Anda mungkin tak akan dilihat.

Mengirimkan “pesan” tersirat kepada perusahaan yang Anda incar tak berarti menggaransikan bahwa Anda akan mendapatkan pekerjaannya. Namun, bisa meningkatkan peluang dipanggil untuk wawancara kerja. Nah, dari sana, Anda bisa memberikan kesan terbaik Anda.

gue suka lagu ini, sayang belom ada yg original di youtube… T.T